Sunday, March 16, 2014

Cara Membuat Halaman Kontak ( Contact Form ) dengan Google Docs


Bagaimana cara membuat halaman kontak di blog? Hmm... Kali ini akan menjelaskan tentang cara mudah menggunakan contact form dari Google Docs untuk dipakai pada halaman kontak blog anda. Google Docs merupakan layanan gratis dari Google yang menyediakan beberapa fasilitas, diantaranya yaitu kita dapat membuat Document ( dokumen ), Presentation ( materi Presentasi ), Spreadsheet ( halaman dengan baris dan kolom / tabel ), Form ( formulir ), dan Drawing ( gambar ). Lanjut lagi, sebenarnya apa gunanya halaman kontak? Ya! Dengan halaman kontak para pengunjung dapat berinteraksi lebih pribadi dengan pemilik blog. Nah terus bagaimana cara membuat halaman kontak?

Oke, langsung saja bahasa tahapan cara membuat halaman kontak ( contact form ) dengan google docs :

1. Masuk ke Google Docs  dengan menggunakan akun Gmail anda.


2. Lihat sisi sebelah kiri. Klik "Create" ( tombol merah ) lalu pilih "Form".

Manfaat Membuat Halaman Kontak Form Blog

3. Untuk yang tampilan baru, langsung saja pilih Get started.

4. Setelah itu akan muncul jendela "Choose title and theme". Isikan title form yang akan dibuat, misal : "Contact Form". Pilih Theme dan klik "OK".


5. Selanjutnya kita akan membuat field-field Nama, Email, Subyek, dan Pesan.

Tampilan Baru Google Docs Form
Jalin Hubungank Baik dengan Pengunjung dengan Halaman Kontak

6. Membuat field Nama. Pada bagian "Question Title" isikan dengan "Nama". Karena jawaban dari field ini berupa text maka pada bagian "Question Type" pilih "Text". Jangan lupa klik "Required question" untuk menandai bahwa field ini wajib di isi. Kemudian klik "Done".

7. Untuk membuat field selanjutnya, klik "Add Item".

8. Membuat field Email lakukan sama seperti langkah 6. Hanya dibagian "Question Title" isikan dengan "Email".


9. Untuk membuat field selanjutnya, klik "Add Item".



10. Membuat field Subyek. Pada bagian "Question Title" isikan dengan "Subyek". Karena jawaban dari field ini berupa memilih pilihan yang ada maka pada bagian "Question Type" pilih "Choose from a list". Untuk membuat pilihannya ( misal : saran, kritik, pertanyaan, iklan, dll ) isikan pada Option 1, Option 2, dst. Untuk menambah Option, anda dapat mengklik "Clik to add option". Klik "Required question" untuk menandai bahwa field ini wajib di isi. Kemudian klik "Done".

11. Untuk membuat field selanjutnya, klik "Add Item".

12. Membuat field Pesan. Pada bagian "Question Title" isikan dengan "Pesan".  Karena jawaban dari field ini berupa text panjang, maka pada bagian "Question Type" pilih "Paragraph Text". Jangan lupa klik "Required question" untuk menandai bahwa field ini wajib di isi. Kemudian klik "Done".

13. Jika dirasa sudah cukup, klik "Send Form" di pojok kanan atas. Pada jendela "Send Form" klik tombol "Embed". Copy paste kode HTML yang diberikan pada Halaman Kontak.


14. Buatlah halaman postingan baru, sebaiknya berupa halaman statis. Kemudian beri judul, misal : "Contact Us". 
Dashboard > Laman > Laman Baru
Pada bagian kiri atas, terdapat tombol "Compose" dan "HTML". Klik "HTML" dan pastekan kode yang tadi telah diberikan.


15. Lihat halaman kontak anda pada browser. Selesai.

Selamat mencoba...

Ditulis Oleh : Unknown | Tempat Menunggu Update Terbaru

Saat ini anda sedang membaca artikel yang berjudul Cara Membuat Halaman Kontak ( Contact Form ) dengan Google Docs,, Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna untuk anda. Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan Sumber Link Asli. Kritik dan saran silahkan kirim melalui kotak komentar di bawah ini ....

:: Thank you for visiting ! ::


0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Black Magician